Rabu, 20 Oktober 2010

Awas, Badan Menggemuk Karena Tidur Dengan Lampu Menyala

img

Dok. Thinkstock

Jakarta - Fakta menarik dari dunia kesehatan kembali ditemukan. Tidur dengan lampu menyala ternyata bisa menaikan berat badan Anda.

Sebuah penelitian di Ohio State University baru-baru ini menemukan bahwa tidur dengan lampu menyala ternyata bisa menambah berat badan. Penelitian yang melibatkan tikus mengatakan bahwa tikus yang terkena cahaya di malam hari terutama cahaya yang redup, berat badannya terus bertambah bila dibandingkan tikus-tikus lain yang tidur dalam keadaan gelap.

"Apa yang sebenarnya terjadi adalah metabolisme yang melambat. Tikus terkena cahaya terang pada saat tidur membuatnya lebih gemuk karena cahaya di malam hari membuat tikus ingin makan atau merasa lapar pada waktu yang salah untuk membenahi sistem metabolisme mereka," ujar Laura Foken, penulis studi dan doctoral student di Ohio State's neuroscience department.

Seperti yang dikutip dari aolhealth, Laura menjelaskan bahwa hal ini bisa terjadi pada manusia. Cahaya pada malam hari diperkirakan menjadi salah satu pemicu obesitas yang tidak diketahui banyak orang. Ini akan membuat Anda memiliki nafsu makan yang rendah di pagi hari dan membalasnya di malam hari.

Selain itu Laura juga menjelaskan bahwa tidak hanya lampu menyala saja yang bisa memicu kenaikan berat badan. Komputer atau televisi yang masih menyala di malam hari juga dapat mempengaruhi proses metabolisme dalam tubuh yang berdampak pada meningkatnya berat badan.

Oleh karena itu, mulailah untuk membiasakan mematikan lampu, komputer, televisi saat akan tidur. Selain baik untuk berat badan, Anda pun akan tidur lebih nyenyak.

(eya/eya)

http://www.wolipop.com/read/2010/10/20/180504/1470354/857/awas-badan-menggemuk-karena-tidur-dengan-lampu-menyala?w992201835

2 komentar: