Minggu, 11 Desember 2011

Stopwatch (Java)



Assalamualaikum..

Wasap semua?? Mudah-mudahan dalam keadaan sehat. Ok, karena sedang Ujian Akhir Semester, postingan saya kali ini berhubungan dengan perkuliahan. Khususnya perkuliahan di bidang komputer. Saya mau membagi program java yang saya buat sendiri. Program ini adalah Tugas Akhir saya untuk semester ini di Mata Kuliah Pemrograman Berorientasi Objek 1. Yaitu program Stopwatch yang dibuat dengan Java..

Langsung saja, ini dia script programnya..

Ini untuk class stopwatch.class

import java.awt.*;
import javax.swing.*;
import java.awt.event.*;

public class stopwatch
    extends JFrame implements ActionListener {
  Timer time;
  int milidetik, detik, menit, jam;
  String nol_jam = "";
  String nol_men = "";
  String nol_det = "";
  String nol_mili = "";
  int no = 0;
  JTextField tampilan = new JTextField("Tekan Mulai");
  JTextField tampilan2 = new JTextField("");
  JTextField tampilan3 = new JTextField("");
  JTextField tampilan4 = new JTextField("");
  JTextField tampilan5 = new JTextField("");
  List Split = new List();
  Button mulai = new Button("Start");
  Button reset = new Button("Reset");
  Button stop = new Button("Stop");
  Button split = new Button("Split");

  public stopwatch() {

    setResizable(false);
    getContentPane().setLayout(null);
   
    tampilan.setFont(new java.awt.Font("Times New Roman", Font.BOLD, 20));
    tampilan.setEditable(false);
    tampilan.setForeground(Color.black);
    tampilan.setBackground(Color.white);
    tampilan.setHorizontalAlignment(JTextField.CENTER);
    tampilan.setBounds(new Rectangle(75, 16, 146, 35));
    
    Split.setBounds(new Rectangle(11, 110, 271, 148));
    Split.setForeground(Color.black);

    mulai.setBounds(new Rectangle(12, 68, 40, 30));
    mulai.setSize(60, 30);
    mulai.setForeground(Color.black);
    mulai.setBackground(Color.green);

    split.setBounds(new Rectangle(82, 68, 40, 30));
    split.setSize(60, 30);
    split.setForeground(Color.black);
    split.setBackground(Color.green);
    split.setEnabled(false);

    reset.setEnabled(false);
    reset.setBounds(new Rectangle(152, 68, 40, 30));
    reset.setSize(60, 30);
    reset.setForeground(Color.black);
    reset.setBackground(Color.green);

    stop.setEnabled(false);
    stop.setBounds(new Rectangle(222, 68, 40, 30));
    stop.setSize(60, 30);
    stop.setForeground(Color.black);
    stop.setBackground(Color.green);

    tampilan2.setFont(new java.awt.Font("Times New Roman", Font.PLAIN, 12));
    tampilan2.setEditable(false);
    tampilan2.setForeground(Color.white);
    tampilan2.setBackground(Color.black);
    tampilan2.setHorizontalAlignment(JTextField.CENTER);
    tampilan2.setBounds(new Rectangle(21, 280, 146, 35));
    tampilan2.setSize(250, 20);
    tampilan2.setText("RRN Stopwatch. Created By Afrinaldi / 17700");

    tampilan3.setEditable(false);
    tampilan3.setBackground(Color.green);
    tampilan3.setHorizontalAlignment(JTextField.CENTER);
    tampilan3.setBounds(new Rectangle(16, 275, 146, 35));
    tampilan3.setSize(260, 30);

    tampilan4.setEditable(false);
    tampilan4.setBackground(Color.green);
    tampilan4.setHorizontalAlignment(JTextField.CENTER);
    tampilan4.setBounds(new Rectangle(70, 11, 146, 35));
    tampilan4.setSize(156, 45);

    tampilan5.setEditable(false);
    tampilan5.setBackground(new java.awt.Color(150,102,110));
    tampilan5.setHorizontalAlignment(JTextField.CENTER);
    tampilan5.setBounds(new Rectangle(1, 1));
    tampilan5.setSize(300, 340);
  
    mulai.addActionListener(this);
    stop.addActionListener(this);
    reset.addActionListener(this);
    split.addActionListener(this);

    this.getContentPane().add(tampilan);
    this.getContentPane().add(mulai);
    this.getContentPane().add(reset);
    this.getContentPane().add(stop);
    this.getContentPane().add(split);
    this.getContentPane().add(tampilan2);
    this.getContentPane().add(Split);
    this.getContentPane().add(tampilan3);
    this.getContentPane().add(tampilan4);
    this.getContentPane().add(tampilan5);
  }
  public void aktifkan() {
    ActionListener tr = new ActionListener() {
      public void actionPerformed(ActionEvent evt) {

milidetik++;
if(milidetik==100)
{
milidetik = 0;

detik++;
if(detik==60)
{
detik = 0;

menit++;
if(menit==60)
{
menit=0;

jam++;
if (jam==24);
{
jam=0;
}}}}

if (jam <= 9) {
nol_jam = "0";
}else nol_jam="";
if (menit <= 9) {
nol_men = "0";
}else nol_men="";
if (detik <= 9) {
nol_det = "0";
}else nol_det="";
if (milidetik <= 9) {
nol_mili = "0";
}else nol_mili="";

tampilan.setText(nol_jam + Integer.toString(jam)+ " : " + nol_men + Integer.toString(menit)+ " : " +
nol_det +Integer.toString(detik)+ " : " + nol_mili + Integer.toString(milidetik));
      }
    };
    time=new Timer(10,tr);
    time.start();
  }

  public void actionPerformed(ActionEvent e) {
   
    Object tombol = e.getSource();
    if (tombol== mulai) {
      mulai.setEnabled(false);
      reset.setEnabled(false);
      stop.setEnabled(true);
      split.setEnabled(true);
      aktifkan();
    }

if (tombol == split) {
      no += 1;
      Split.add(no + ".  " + tampilan.getText());
    }

    if (tombol == stop) {
      mulai.setEnabled(true);
      reset.setEnabled(true);
      stop.setEnabled(false);
      split.setEnabled(false);
      time.stop();
    }

    if (tombol == reset) {
     no=0;menit=0;detik=0;milidetik=0;jam=0;nol_mili="0";nol_men="0";nol_det="0";nol_jam="0";
      tampilan.setText(nol_jam + Integer.toString(jam)+ " : " + nol_men + Integer.toString(menit)+ " : " +
     nol_det +Integer.toString(detik)+ " : " + nol_mili + Integer.toString(milidetik));
      Split.clear();
    }
  }


Ini untuk class Main.class

import javax.swing.JFrame;

    public static void main(String[] args) {
        // TODO code application logic
           stopwatch sw = new stopwatch();
    sw.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
    sw.setTitle("RRN Stopwatch");
    sw.setSize(300, 340);
    sw.show();
    }
}



Itu script 2 buah class yang dibutuhkan untuk membuat program stopwatch yang saya bikin..

Kira-kira skrinsyut dari program adalah seperti ini:






Untuk project lengkap dari program yang saya bikin, bisa di-download di sini..

Sekian. Assalamualaikum

Baca Selengkapnya

Kamis, 01 Desember 2011

Dosen Oh Dosen..

Lama tidak posting, karena sibuknya perkuliahan semester ini, sekaligus bertumpuknya  tugas Akhir Semester.

Postingan kali ini, mengenai Dosen.

Pasti teman-teman pernah merasa kesal atas kelakuan dosen yang seenaknya dan semaunya sendiri.

disini sebagai seorang calon guru, yang (InsyaAllah) akan jadi dosen juga (Amin), ingin mencoba merangkum beberapa sifat dosen atau tenaga pengajar lainnya yang seharusnya tidak dimiliki oleh mereka.


1. Merasa paling benar.

Ini pasti banyak dialami oleh teman2 mahasiswa. Si Dosen yang bersangkutan merasa hanya dia yang benar, dan  semua yang diucapkan mahasiswa yang tidak sesuai dengan perkataan sang dosen, pasti salah.  
Baru-baru ini saya juga mengalami hal yang demikian, yang lumayan membuat saya  sakit hati. 2 minggu lalu, di salah satu mata kuliah, sedikit terjadi ketegangan karena saya menyampaikan pendapat saya, yang sebenarnya itu adalah kebenarannya. Tapi, dosen ini masih kukuh terhadap pendapatnya yang sudah jelas dan pasti 'SALAH'. Coba deh, saya tanya dulu ke teman-teman, masalah yang menyebabkan keluarnya kata-kata "Anda Bodoh Sekali" dari mulut dosen saya itu. 1 KByte itu sama dengan 1024 Byte atau bit?? Pasti udah tau kan, mana yang benar??.


2. Ketepatan Waktu

Ini nih, yang menurut saya terjadi ketidakadilan, dimana apabila Mahasiswa terlambat 15 menit saja, tidak boleh masuk. Nah, dosen terlambat, bahkan sampai 15 menit menjelang jam kuliah berakhir.. Masih tetap boleh masuk (Lah, kalau dosen nggak boleh masuk, siapa yang ngajar?). Maksudnya gini, mahasiswa yang terlambat, bisa dapat sanksi, kalau dosen terlambat seperti itu, kok nggak dapat sanksi?? Sangat tidak adil..


3. Membeda-bedakan Mahasiswa

Disini maksudnya adalah, memberikan perlakuan berbeda kepada Mahasiswa yang lain yang dekat dengan dia, atau bahkan hanya karena dia adalah mahasiswi yang cantik.
Gini nih contohnya (dan memang benar terjadi). Sewaktu perkuliahan sedang berjalan, sekitar 40 menit telah berjalan, masuk mahasiswa yang biasa saja ke dalam kelas. Sang dosen memanggil dia, dan mulai bertanya-tanya kenapa terlambat dan memberi ceramah sebelum mempersilahkan duduk. Beberapa menit kemudian, masuk mahasiswi cantik yang pandai mengambil hati dosen, dan dekat  dengan dosen yang sedang mengajar waktu itu. Dibiarkan masuk tanpa ada reaksi apa-apa dari sang dosen.. WhatTheKawin??? 1 menit kemudian, masuk lagi mahasiswa biasa saja, lalu sang dosen kembali memanggil dia, dan menceramahi dia.. YA ALLAH. Ketidakadilan  seperti apa ini???


Sumber gambar: http://yeahmahasiswa.com


4. Memberi nilai sambil tutup mata

Ngerti kan maksudnya?? Memberi nilai kepada Mahasiswa hanya berdasarkan naluri. Hah?? Naluri?? iya, mungkin sang dosen memberi nilai, hanya karena namanya bagus ataupun alasan lainnya. Contohnya, si dosen melihat nama Afrinaldi, kemudian dia memberi nilai A+++++  karena nama itu keren. :O.. Kemudian, ada nama David Beckham, kemudian dia kasih nilai C, karena David Beckham udah tua.  (ini nyambungnya kemana sih??). 


5. Mengeluarkan Kata-Kata yang tidak sepantasnya

Sebagai pendidik, seharusnya pandai dalam memilih kata-kata yang pantas untuk disampaikan ke Mahasiswa mereka. Nah, banyak dosen yang tidak demikian, mengeluarkan kata-kata yang tidak pantas, seperti "Sarok" (dalam bahasa minang, artinya: sampah). Atau "Apak Ang" (artinya: Bapak kamu), atau banyak kata-kata lain yang merendahkan Mahasiswa atau bahkan menyinggung Mahasiswa. Sebagai pendidik, tentunya kita harus menggunakan kata-kata yang bisa memotivasi Mahasiswa, bukan kata-kata yang membuat mahasiswa merasa tidak berguna.


Sebenarnya masih banyak lagi, tapi itu yang paling banyak saya temui selama 3 semester saya duduk di bangku perkuliahan. Apabila teman-teman mau menambahkan, silakan tambahkan di kotak komentar. Bagi teman-teman calon pendidik, jadilah pendidik yang profesional, berwibawa, dan berkharisma yang bisa menjadi contoh anak didik kita. (Ngomong apa sih saya barusan?).
Baca Selengkapnya

Selasa, 15 November 2011

PR-ku sudah selesai


Saya nggak ada di photo ini, jadi tolong jangan tanya saya yang mana..


Sabtu lalu, Saya dapat PR dari Rusydina Tamimi.. Saya disuruh menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan masa-masa SD. Agak-agak lupa juga sih, gimana kehidupan pada saat SD.. Tapi demi Rusydina Tamimi saya berusaha untuk mengingatnya.. #eaaa.. :D

Saya menempuh pendidikan di SD dari tahun 1998-2004 di SD 307 Sungai Penuh, Kerinci, Jambi.
Ok, ini dia pertanyaan beserta jawabannya..

Guru Favorit: Hmm,, Bu Ernawati. Saya lupa dia wali kelas di kelas berapa, tapi kayaknya kelas 3.. kenapa saya memilih beliau sebagai guru favorit?? Karena cara mengajarnya yang asyik, tak gampang emosi. Beliau guru yang lembut. Karena saya senang belajar dengan beliau, maka pelajaran yang diberikannya gampang saya terima dengan baik.

Guru paling Killer: Hmm,, Bu Ros. Saya lupa nama panjang beliau, yang saya ingat hanya nama panggilannya. Kenapa saya memilih beliau sebagai guru ter-killer? Karena beliau guru yang suka membentak. Beliau menyeramkan kalau lagi marah. Beliau adalah nenek dari salah satu teman sekelas saya.

Teman Bolos: Bolos itu apa sih?? Hehe. Seingat saya, saya nggak pernah bolos waktu SD. Jadi, saya nggak punya teman bolos.

Teman Berantem: Kalau berantem sampai adu jotos sih nggak pernah. Saya nggak pernah adu jotos dengan orang lain, bahkan sampai sekarang. Tapi, waktu SD saya pernah nge-dorong teman saya sampai dia menimpa meja, dan meja yang tertimpa pun ikut jatuh. Saya lupa permasalahannya. Maaf ya, namanya nggak mau saya sebutin.

Jajanan/Makanan Favorit: Apa ya? Pusing juga, soalnya saya suka semuanya. :D. Hmm, saya seringnya jajan Pempek, harganya 500 rupiah.


Mainan Favorit: Apa ya? Dulu saya sukanya main Barbie.. #eh?? Nggak. Biasalah,  mainan yang lagi musim pada waktu itu, semisal beyblade, tamiya, R/C. Yang paling saya suka adalah R/C.


Sepatu Favorit: Kayaknya nggak ada deh, saya selalu pakai apapun pemberian orang tua, baik itu sepatu, ataupun pakaian. Untuk urusan sandang, saya serahkan kepada orang tua saya. Bahkan, sampai sekarang, pakaian yang saya beli sendiri adalah 1 celana pendek, dan 1 baju kaos. Yap, baru 2 pakaian itu yang saya beli sendiri, selebihnya orang tua saya yang belikan. (eh, kok malah jadi bahas pakaian)

Tas Favorit: Sama kayak yang di atas, nggak ada tas favorit. Karena saya hanya memakai yang diberi oleh orang tua saya.

Yap. Itu PR-nya udah saya kerjakan Rusydina Tamimi. Moga-moga nilainya 100..

Emm, karena PR-nya berantai, mohon agar febrinanda, anggi, dan bang Agung Topandas untuk mengerjakannya..

Trims..
Baca Selengkapnya

Minggu, 06 November 2011

Sedang-Sedang Saja...

Assalamualaikum..

Sebelumnya, saya mengucapkan selamat Hari Raya Idul Adha. Selamat Menikmati Daging kurbannya. Btw, ini Idul Adha pertama saya jauh dari orang tua. Yah, agak sedih sih. Tapi, nggak masalah. 

Hidup memang tidak akan berwarna kalau cuma dijalani dengan serius tanpa ada humor dan tawa. kita sering bercanda dengan teman-teman atau bahkan keluarga. memang itu bagus. tapi ada batasannya.. tidak boleh keterlaluan. karena memang pada dasarnya yang keterlaluan itu tidak baik.

Contohnya saja, dalam bercanda harus tetap ada batasan dalam umur. cara bergurau kita dengan orang yang  lebih tua dari kita tidak boleh sama dengan cara bergurau kita dengan orang yang lebih muda dari kita. salah-salah, bukannya bikin orang tertawa, malah bikin orang marah sama kita.

contohnya, terjadi pada hari minggu (30 Oktober 2011) kemarin. ini terjadi kepada teman saya. Menurut saya gurauan yang seperti ini sudah keterlaluan. Teman saya, namanya Jaya (nama disamarkan), dia dikabarkan sudah meninggal. dan itu dikabarkan kepada kami semua via SMS. tentu saja itu membuat kami panik. saya mencoba menghubungi nomor ponsel-nya. Panggilan pertama, masuk, tidak diangkat. Panggilan kedua, masuk, tidak diangkat juga. Panggilan ketiga, nomor sudah tidak aktif.. Saya tambah cemas.

Saya kemudian tanya ke teman-teman saya yang lain. Tak satupun yang tahu keaslian dari kabar yang tersebar ke kami itu. Hingga akhirnya dua jam kemudian ada SMS dari teman saya, yang inti dari isinya adalah bahwa kami semua telah kena tipu. Sialaaaan... Dan kemudian diikuti SMS konfirmasi dari Jaya sendiri.

Ok, mungkin yang menyebarkan kabar tak sedap yang ternyata palsu itu hanya berniat untuk iseng (pelakunya belum diketahui), untuk bergurau. tapi ini sudah keterlaluan. Parahnya, kabar ini sudah sampai ke orang tua Jaya. Coba teman-teman bayangkan apa reaksi orang tuanya Jaya? Coba bayangkan jika seandainya orang tua Jaya ternyata punya penyakit jantung, lalu kaget mendengar kabar tersebut. Kemudian meninggal. Parah bukan?

Ini sebagai pelajaran, bukankah di dalam Ajaran Agama Islam, kita diajarkan untuk sedang-sedang saja? Ini berlaku untuk segala hal. Jangan terlalu berlebihan dalam mengerjakan sesuatu. Karena Allah benci sesuatu yang berlebihan.

That's All for Today.. 

Sekali lagi, Selamat Hari Raya Idul Adha.

Baca Selengkapnya

Sabtu, 29 Oktober 2011

Holiday

Holiday.. Apa itu holiday?? hari suci? bukan, itu holy-day.. 

Oke. kita tau bahwa hari sabtu dan minggu umumnya adalah hari libur (holiday) untuk anak kuliahan.. Untuk saya saat ini begitu, tapi tidak tau untuk mahasiswa lain. Maksudnya disini adalah libur dari kegiatan perkuliahan di kampus.. Tapi kegiatan lain nggak boleh libur.. contohnya nyuci baju, ataupun mengerjakan tugas yang ditumpuk selama seminggu (kebiasaan buruk, jangan ditiru)..

Selama semester 1 dan 2 yang lalu, saya masih bisa menikmati hari libur dengan tenang, karena tugasnya tidak sebanyak semester 3 ini.. kalau di semester 3, seperti pepatah "Tiada Hari Tanpa Tugas".. Ternyata benar yang dibilang para senior, bahwa semester 3 dan semester 4 merupakan semester terburuk dalam perkuliahan. Buktinya, selama 2 bulan perkuliahan, akhirnya 3 minggu yang lalu saya mencapai batas, saya tumbang (sakit maksudnnya). Semester 3 benar-benar luar biasa.. Bayangkan saja, 1 bulan pertama saya kuliah, kuliah saya sampai hari minggu. DARI HARI SENIN SAMPAI MINGGU.. Tapi sayangnya, sepadat apapun kuliah saya, badan saya masih seperti itu juga.. (-_-")..

Karena padatnya kegiatan perkuliahan, bahkan untuk mencuci pakaian pun saya sulit untuk mendapatkan waktu (bilang aja malas nyuci pakaian). Parahnya, hari senin sore yang lalu, saya rendam pakaian kotor saya, dan saya punya kesempatan untuk mencucinya hari kamis, setelah saya menukar air rendaman tentunya, soalnya air rendaman itu baunya sudah tidak enak, termasuk baju yang saya rendam di dalamnya. Jangan bayangkan aromanya, yang pasti sangat tidak enak (--_--). Maka saya menukar dengan air rendaman yang baru,  sehingga bisa menghilangkan bau yang tidak sedap dari pakaian yang saya rendam. 

Maka jangan heran, apabila mahasiswa mendapatkan libur, maka akan dimanfaatkan untuk tidur sepuasnya. Termasuk saya. Hari ini saya bangun waktu Subuh, untuk Shalat, dan kemudian melanjutkan tidur, kemudian terbangun pukul 11. Saya bisa tenang tidur sampai jam segitu karena minggu ini tugas tidak sebanyak tugas minggu-minggu sebelumnya. Walaupun ada juga tugas yang mengganggu pikiran, yaitu tugas membuat animasi dan bikin iklan radio. Pusing nyari idenya. Bagi teman-teman yang mau membagi ide. Silakan, saya akan terima dengan senang hati.

Memang, hari libur mahasiswa banyak dihabiskan dengan mengerjakan sesuatu yang tidak produktif. Seperti tidur tadi, tapi mau gimana lagi. Soalnya hari libur adalah waktu yang tepat bagi para mahasiswa untuk tidur, dimana di hari perkuliahan umumnya selalu begadang setiap malam..

Saya sangat berharap agar saya bisa menghilangkan kebiasaan buruk saya, yaitu menumpuk tugas untuk dikerjakan di satu hari, atau bahkan mengerjakan tugas sehari sebelum tugas dikumpulkan. Kenapa?? Saya juga tidak tau.. Hehe, Itu agar saya bisa memanfaatkan hari sabtu dan minggu untuk bersantai, tidak untuk mengerjakan tugas. Oke,, minggu depan saya harus berubah. #brb#nyiapinsabukSatriaBajaHitam..








Baca Selengkapnya

Sabtu, 15 Oktober 2011

Dragon Ball Kai-Ultimate Boutuden

Hai Hai Sahabat.. Udah lama gak posting.. 

Kali ini mau posting sebuah game dari anime terkenal yang me-legenda. Dragon Ball Z.. Game yang pengen saya bagi disini yaitu game dari Nintendo DS. Tau kan Nintendo DS? DS tuh kepanjangan dari Dual Screen. Iya, ada dua buah layar di konsol Nintendo DS ini, salah satunya touch screen..

Oke, ini screen shot dari game yang akan saya bagi dalam postingan ini. Namanya Dragon Ball Kai - Ultimate Butouden. Gambar di bawah ini asli dari komputer saya.







Untuk memainkannya kita butuh Emulator Namanya WinDS Pro, di dalamnya terkumpul berbagai macam emulator untuk NDS. Kualitas gambarnya lumayan bagus. Buat para penggemar Dragon Ball, pasti suka game yang ini. Game ini dimulai dari Saiyan Saga sampai Buu Saga.. Dan ada juga yang dari movie-nya.. 

Untuk game-nya Bisa download di sini

Untuk cara maininnya, pilih aja menu NO$GBA, terus ambil NO$ZOOMER, pilih gamenya. Trus cari option dan NO$GBA Setting.. Buat pengaturan seperti di bawah. Lalu save settingan tersebut, dan reset game.



Happy playing..

Baca Selengkapnya

Sabtu, 01 Oktober 2011

Amanah

Assalamualaikum..

Bagaimana kabar sahabat semuanya? Semoga dalam keadaan baik.
Kemarin tanggal 30 September. Ada peringatan dua kejadian besar, yaitu G30SPKI dan juga gempa bumi Sumatera Barat pada tahun 2009. Mari kita semua  berdoa agar korban dari kedua peristiwa tersebut tenang di alam sana. Amin..

Amanah, di dalam Islam kita semua memiliki amanah yang harus dipertanggungjawabkan di akhirat kelak. Karena pada dasarnya kita semua adalah pemimpin yang diciptakan Allah. Amanah itu harus dijaga dengan baik.

Saya merasa kesal dengan orang yang tidak menjaga amanah, contohnya yang saya rasakan baru-baru ini. Di postingan sebelumnya saya menceritakan tentang peristiwa kemalingan di kos-an saya. Karena kami merupakan warga yang baik, maka kami melaporkan peristiwa tersebut ke ketua RT. Tapi apa yang kami dapatkan, baru masuk saja kami sudah dikatakan tidak sopan. Kami kurang sopan apa lagi? Kami sudah mengucapkan salam dan bertingkah baik. Kalau kami baru datang, langsung masuk dan duduk di kursi, itu baru tidak sopan.
 
Setelah dikatai demikian, kami menceritakan kejadian yang kami alami. Dan dia bilang "Kalian kalau sudah ada urusan dan kemalangan, baru datang ke rumah saya". Err.. Jadi maunya gimana? Walaupun kami tidak ada urusan, apa kami harus datang ke rumah bapak juga?? 

Saya :  Assalamualaikum
RT    : Waalaikumsalam, iya ada apa?
Saya : Nggak ada apa-apa, cuma mau menampakkan wajah saja, saya pergi dulu, Assalamualaikum.

Apa seperti itu yang bapak mau?? buang-buang waktu.

Lalu, pak RT itu bilang "nama kalian belum ada di daftar warga sini, jadi saya tidak bisa mengurusnya". What?? waktu pertama kali saya sampai di rumah ini, saya sudah langsung melapor ke RT lama. Saya ini juga tahu peraturan.

Akhirnya, dengan kesal kami keluar dari ruangan itu. Padahal dia baru beberapa bulan jadi ketua  RT, dan sudah mengabaikan tugasnya sebagai ketua  RT. Kami mengadu ke RT lama, dan dia bilang sudah menyerahkan data-data warga ke RT yang baru ini.

Ketua RT lama, dulu dia pernah meminta semua warga untuk melakukan gotong royong. Kami laksanakan. Tapi, dia tidak ikut gotong royong, malah nonton TV di rumahnya. Err..

Saya membuat tulisan diatas, bukan berarti saya tidak pernah melalaikan amanah, tapi saya tidak pernah separah itu. Ok, mungkin mereka berpikir kami tidak akan melawan ataupun mengkritik, tapi hukuman Tuhan terhadap orang yang melalaikan amanah itu cukup besar. Lihat, dengan pak RT kami tidak menjaga amanah, saya jadi menulis ini dengan emosi sehingga saya berdosa. Jadi bapak juga berdosa karena membuat orang lain berdosa (Saya juga nggak ngerti apa yang saya tulis)..

Tulisan ini saya untukkan kepada kita semua, agar dapat menjaga amanah. Mungkin kita tidak bisa se-amanah Nabi Muhammad SAW, tapi paling tidak kita bisa berusaha sekuat mungkin untuk menjaga amanah, untuk keselamatan kita di kehidupan selanjutnya. Sebaik-baiknya orang, adalah orang yang bisa menjaga amanah. #wusshh..

Assalamualaikum..
Baca Selengkapnya

Jumat, 16 September 2011

Bad Day

Dalam kehidupan, seseorang pasti pernah mengalami hari yang buruk.. Hari Jum'at kali ini (16 September 2011) mungkin merupakan hari yang buruk bagi saya. Kenapa saya bilang begitu? 

Ini dimulai dari kamis malam, walaupun belum masuk hari Jum'at, tapi kan udah malam jum'at. Jadi ada komponen hari jum'atnya. Malam Jum'at paling horor yang pernah saya rasakan mungkin. Waktu itu masih jam 9 malam saya keluar dari kos-kosan dengan tujuan menge-print tugas saya untuk Jum'at, printer saya lagi rusak.. :(. Ada yang aneh aja di jalanan dekat SD (sekitar 50 m dari kos-kosan saya ada SD). Waktu saya lagi jalan, di dekat SD itu ada 2 buah lampu jalan yang besar, yang anehnya ketika 3 meter menjelang lampu pertama, lampu pertama itu mendadak mati. Saya mulai takut. Lalu saya lanjut jalan, 3 meter menuju lampu kedua, kejadian itu terulang di lampu kedua. Saya merinding. Saya mempercepat kecepatan jalan saya. Yang sebelumnya mungkin 3 KM/jam menjadi 30 KM/jam (emang ada orang jalan kecepatannya segitu???). Semakin seram.. Saya merasa ada angin yang niup kuduk saya. Akhirnya saya singgah dulu ke rumah teman, mau ngecek tugas. Baru deh saya pergi menge-print tugas yang sialnya tempatnya tutup, dan saya harus mencari tempat yang lain. Dan saya merasa ada yang mengikuti saya sampai saya pulang ke kos lagi.

Paginya, di hari Jum'at, saya kuliah jam setengah tujuh, nggak ada merasa apa-apa, yang saya pikirkan adalah "Kok ada besi panjang ini ya di depan rumah saya? Kok ada pisau di halaman kos saya?". Tapi saya dengan salah satu teman satu kos pun tetap lanjut pergi kuliah. Jadwal saya jam 7, namun sampai jam setengah 8 belum datang-datang. Kesal.. Beberapa saat kemudian ada telepon dari teman satu kos saya yang lain, dia bilang tadi malam rumah kemalingan, netbook dan handphone-nya hilang.. Hah?? saya kaget, teman-teman saya kaget, pak SBY kaget. Terus saya bilang "Terus gimana nih? saya ada kuliah.", kemudian dia bilang "ya udah, ntar kalau pulang kuliah, langsung ke kos ya!!!". "Ok", jawab saya. Memang yang hilang bukan barang saya, tapi kan hilangnya di kos saya, jadi saya ikut was-was. Dan dosen saya yang super rajin itu pun baru datang pukul 8.. Err..

Masuk ke kelas, dosen saya pun meminta tugas agar dikumpulkan. Kami-pun mengumpulkan tugas kami. Dan ternyata tugas kami semua tidak diterima hanya karena nama Project program yang kami buat (kami kuliah pemrograman java) tidak sesuai dengan yang di modul.. Cuma karena itu. Yang sejujurnya itu nggak penting-penting amat. Saya bikin nama Project program saya JavaApplication1, teman saya yang lain pun punya nama yang berbeda, dan bapak mau namanya HelloApplication, padahal kalau dijalankan, tuh program bisa jalan. Errr.. Kami semua berang (di dalam hati). Dan tugas kami dikembalikan untuk segera diperbaiki dan diserahkan esoknya. Saya pulang dengan rasa marah.. Di dalam hati saya berkata "kawin, kawin, kawin, kawin, kawin" atau kalau dalam bahasa inggris "fuck, fuck, fuck, fuck, fuck".

Saya pulang, saya sampai di kos. Saya bertanya perihal kemalingan tadi. Teman yang kehilangan netbook dan handphone itu menceritakan kalau pada jam 3 dini hari, barang-barang itu masih ada, pas bangun jam 7 udah nggak ada lagi. Padahal itu netbook baru, belum sampai sebulan beli.. Dan saya teringat bahwa ada besi dan pisau di depan rumah saya, saya berpikir pasti itu alat yang dipakai maling untuk merobek ventilasi rumah saya yang kurang aman tersebut, trus ngebuka kunci pintu, sehingga dia bisa leluasa mengambil barang teman saya yang kebetulan pada waktu itu lagi tidur di ruang tamu dengan netbooknya (ceritanya habis begadang ngerjain tugas). Walaupun bukan barang kepunyaan saya yang hilang, saya ikut was-was, siapa tau beberapa hari lagi maling itu datang lagi dan ngambil barang milik saya. Siapa yang tau..

Hari Jum'at belum berakhir, dan semoga saja tidak ada lagi hal-hal buruk yang menimpa saya. Amin..
Baca Selengkapnya

Rabu, 07 September 2011

First Love...

Ehmm.. Apa kabar semua?? Sudah lama saya tidak nge-post di blog saya ini. Bukan karena saya malas, tapi karna saya sibuk bermalas-malasan.. (??). Hhehe. Nggak.. Alasan sebenarnya karena sewaktu liburan lebaran (ribet kan bacanya) kemarin, saya nggak internetan lewat komputer.

Oh ya, maaf lahir batin ya semuanya.. Iya, memang telat banget..

Ehmm, semua orang punya kisah cinta sendiri ya?? Saya juga punya kisah cinta, yang sayangnya bukan kisah cinta yang manis..  Cinta yang tak berbalas. Ternyata emang sakit rasanya kalau orang yang kita cintai nggak merasakan hal yang sama terhadap kita. #PutarLaguRhomaIrama

Saya sewaktu SMA selalu sekelas dengan teman-teman yang sama selama 3 tahun. Dan saya mulai tertarik dengan salah satu teman saya (yang pastinya cewek, sebut saja namanya M) sejak test untuk masuk kelas unggul. Sebenarnya saya udah pernah ketemu dengan dia sewaktu sd, waktu itu saya ngikutin kursus bahasa Inggris, dan kebetulan dia kursus di tempat yang sama. Cewek yang satu ini (menurut saya) memiliki suara yang lembut, dan saya suka cewek dengan suara yang lembut. Tapi, sayangnya dia lebih tinggi dari saya.. Hhahaha. FYI, dia cewek pertama yang membuat saya,, ehm,, jatuh cinta.. Iya, saya telat puber. Pertumbuhan saya agak lelet. Suara saya aja mulai berubah pas kelas 2 SMA.. (-_-“)..

Catatan: Saya keterima di kelas unggul, begitupun dia. She is a smart girl.

And, you know what? My friend got a crush on her, too.. :O.. Dan dia selangkah lebih maju dari saya, dia udah nembak  duluan, dan selang beberapa hari semua teman sekelas udah tau kalau teman saya (sebut saja namanya N) sudah nembak si M. Walaupun ditolak, tapi nggak mungkin bagi saya untuk pedekate atau bahkan nembak si M selama si N masih ngejar2 M. Saya ngalah.. #wusshhh..

Ini berlanjut sampai pertengahan kelas dua, M dan N jadi bahan buat bercanda dari teman sekelas dan juga saya. Dan di pertengahan kelas dua kayaknya N capek juga, udah berkali-kali nembak dan selalu ditolak, susah banget ya kayaknya buat dapetin hati nih cewek.. Si N pun mulai mencari yang lain, dia lagi dekat dengan teman sekelas juga yang inisialnya W, dan hubungan mereka semakin intim, katanya nggak pacaran, tapi kayak orang pacaran. Oke, berhenti mikirin mereka, saatnya Saya beraksi.. Hhehe.

Saya mulai melakukan pendekatan dengan M. Sebagai info, sewaktu kelas 1 dia nggak pakai jilbab, kelas 2 dia pakai jilbab, huaa.. manis banget, sumpah. Saya jadi kurang pede, maklum saya gendut, pendek.. :O. Tapi, nggak tau deh kalau belum dicoba, siapa tau dia sukanya dengan cowok pendek dan gendut.. Huahahahaha. Setelah beberapa lama saya melakukan pendekatan, saya menyatakan perasaan yang bodohnya saya lakukan lewat sms (memang lebih mudah mengatakan sesuatu lewat tulisan). Padahal, saya belum nanya dia mau atau nggak jadi pacar saya, saya cuma bilang kalau saya suka dengan dia, eh dia malah nolak duluan. #miris..

Esoknya, saya mulai canggung untuk berkomunikasi dengan dia.. Sampai sekali lagi saya nembak, dan ditolak lagi.. Alasannya, dia nggak mau pacaran dulu. Tapi beberapa minggu(sekitar 2 minggu lebih) kemudian saya tahu bahwa dia baru  saja jadian dengan orang. #jleb.  Saya berhenti untuk ngejar2 dia, namun masih tetap berkomunikasi dengan dia. Ini lebih baik, daripada “Cinta Ditolak, Malware Bertindak”. Hhehe. Kebetulan saya di kepengurusan OSIS yang sama dengan M, yaitu di seksi Rohis, saya ketua di seksi rohis, dan dia bendahara. Semua berjalan seperti biasa lagi. Walaupun saya masih sangat sayang (bahkan sampai sekarang), namun saya nggak bisa memaksakan dia untuk sayang dengan saya.

Waktu perpisahan, cukup berat bagi saya. Nah, Sewaktu bimbel persiapan SNMPTN, dia malah mau ngejodohin saya dengan temannya. (Woi,, saya itu suka kamu, bukan teman kamu). Akhirnya, sekarang posisi kami berjauhan, Dia di Jambi dan saya di Padang. Saya jarang sms dia, diapun begitu. Kami sms-an jika hanya ada pertanyaan soal perkuliahan. But, I still love her.. #wusshh.
Baca Selengkapnya

Rabu, 17 Agustus 2011

Funkop : Cinta Suci..

Apa Kabar semuanya?? Semoga baik-baik aja.
Selamat ulang tahun kemerdekaan bagi Indonesia saya ucapkan. Udah 66 tahun ya?? Mudah-mudahan nggak semakin bobrok aja untuk selanjutnya. Amin..



Postingan saya nggak ada hubungannya dengan hari kemerdekaan.. Cuma mau share lagu..

Ada yang tau lagu funkop yang judulnya cinta suci??

Disini saya akan berbagi lagu yang saya sebutkan di atas tersebut..

Lagunya menurut  saya sih lagu yang sangat menyentuh.. Inti dari lagu ini adalah tentang jeritan hati seseorang yang meninggalkan keluarganya (kalau dalam video klipnya,  karena meninggal) 



Ini video klipnya:





Lirik plus chord (Versi Saya) :


A Dm


 A             Dm 
Kutulis kata di dalam hatimu
 G               C
cinta suciku hanyalah untukmu
 A           Dm 
bawa diriku slalu didalam mimpimu
 E
hanya untukmu


 A              Dm
kini diriku tak lagi disampingmu
 G              C
tuk selamanya ku pergi tinggalkanmu
 A         Dm 
kenanglah aku selalu dihatimu
E
kaulah cintaku


Reff:
A          Dm
wahai malamku
          G           C
bawa cintaku sampaikanlah
          F
untuk dirinya
         Dm        E
dan hatiku yang slalu
        Am
bersamanya ....

A          Dm
wahai bintangku
          G           C
putih cahayamu tebarkanlah
          F
rasa cintaku
       Dm
dihatinya
   E        Am
abadi selamanya ...


Interlude
A Dm G C F Dm E Am

Back To Reff
Baca Selengkapnya

Senin, 25 Juli 2011

Junior to Senior

Apa kabar semuanya?? Baik2 aja kan?? I hope so..

Ehmm,, Akhirnya... Akhirnya. AKHIRNYA masa saya sebagai junior telah berakhir.. Yah,, gak sepenuhnya berakhir sebagai junior sih, karena saya masih memiliki senior, yaitu mahasiswa angkatan 2009, 2008, 2007, 2006, 2005, 2004, 2003 (Ha?? Masih ada yang angkatan segitu??). Hehe. Tapi setidaknya saya dan teman-teman seangkatan saya (angkatan 2010) nggak akan memperoleh perlakuan yang sama lagi, karena kami bukan yang paling bungsu lagi.


Kalau di keluarga, biasanya anak bungsu itu (kata orang) adalah anak yang paling disayang,, di kuliahan pun begitu, senior juga sayang dengan kita, sayang kalau gak dikerjain.. ^_^.. 


Pengalaman menjadi junior di angkatan saya (katanya) nggak separah pengalaman para senior saya yang terdahulu.. Kata mereka kami beruntung, karena di masa kami tidak diperbolehkan adanya kekerasan terhadap junior.. Mereka bilang apa yang mereka lakukan terhadap kami itu belum seberapa dibandingkan apa yang dilakukan senior mereka dulu..

Yah, walaupun tidak separah yang dulu, namun senior selalu saja mengerjai kami, menggertak kami, memaki kami, menghukum kami, bahkan keluar kata-kata kasar (ex: P*nt*k) yang menurut saya tidak pantas untuk diucapkan oleh seorang mahasiswa. Tapi, mereka berdelik, bahwa yang mereka lakukan itu untuk kebaikan kami, melatih mental kami sebagai mahasiswa Teknik. Karena kata mereka, kami sebagai mahasiswa teknik tidak boleh mudah tersinggung, dan mentalnya harus kuat.. Karena kami dididik untuk menjadi guru di SMK yang (katanya) siswa di SMK itu kasar. Saya juga tidak tau, karena saya dari SMA. Tapi kok teman saya dari SMK ada yang bencong ya?? atau mungkin bencong itu adalah tingkatan tertinggi yang digapai dari seseorang yang kasar, dan preman?? Hehe..



Baru-baru ini (Sekitar 2 minggu yang lalu) ada sedikit konflik antara mahasiswa 2009 dan kami (2010) perihal mata kuliah yang akan diambil di semester ganjil berikutnya. Mereka protes, karena kami dari 2010 banyak mengambil mata kuliah mereka, dan mereka mulai berkata kasar di grup facebook kami.. Menurut beberapa anggota angkatan 2010, itu kesalahan mereka sendiri. Kan mereka sudah tahu, dalam pengambilan mata kuliah, akan terjadi kompetisi, dan siapa cepat dia dapat. Salah mereka, padalah sudah tau bahwa pengambilan mata kuliah kami ber-sistem online, dan di mulai pada pukul 8 pagi, kenapa mereka mengambilnya malam hari (lebih dari 8 jam dari saat pengambilan mata kuliah dimulai),  ya jelas saja mata kuliah banyak yang sudah penuh kelasnya. Tetapi, di akhirnya mereka bilang "Kalau senior salah, balik ke pasal satu. Utamakan senior dong". Tentu saja kami tidak terima, kita semua memiliki hak, kita semua membayar. Yah, walaupun saya sebenarnya juga sedikit iba terhadap para senior 2009 kami yang mata kuliahnya diambil oleh beberapa dari kami, tapi tidak sepantasnya mereka berkata demikian.
Yah, akhirnya perselisihan pun berhenti, setelah teman-teman bertanya ke ketua jurusan, dan ketua jurusan bilang, quota dalam kelas akan ditambah,,


Note:
pasal 1 berbunyi: Senior selalu benar.   (Apakah kalian para junior bisa menerima??)


Yah, paling tidak akhirnya kehidupan kami sebagai mahasiswa paling bungsu di kampus berakhir, pasal-pasal dan aturan-aturan yang dibuat oleh para senior terdahulu tidak berlaku lagi kepada kami, karena itu hanya berlaku bagi mahasiswa paling bungsu..


Selamat tinggal kehidupan sebagai junior terkecil, selamat datang kehidupan sebagai salah satu senior.. :)


Audisi Model Kepala Paling Mirip Ujung Rexona

Laskar Hentak-Hentak Bumi

Baca Selengkapnya

Kamis, 21 Juli 2011

Akhir Praktek Pemrograman Semester 2

Postingan kedua di hari ini..

Saya cuma mau sharing program untuk Tugas Akhir praktek pemrograman saya.  Dalam versi bahasa C dan Pascal.. 
Sebenarnya programnya cukup sederhana.. Cuma agak panjang..

Programnya mungkin bisa dikasih nama "Photocopy Self Service"... 


Here it is..


Source Code Pascal:


uses crt;
var
    pil,x,i:integer;yt:integer;
    label a;
procedure header;
begin
clrscr;
gotoxy(20,1);write('+*************************************+');
gotoxy(20,2);write('*-------------------------------------*');
gotoxy(20,3);write('*  WELCOME TO RiJef Photocopy Centre  *');
gotoxy(20,4);write('*-------------------------------------*');
gotoxy(20,5);write('+*************************************+');
gotoxy(24,7);write('Pembayaran Fotokopi Self-Service');
end;

procedure kertas_f4;
var total,total1,sisa:real;
    label m,e;
begin
clrscr;
header;
gotoxy(12,10);write('+****************************************************+');
gotoxy(12,11);write('*   Harga Per/Sisi  *  Jumlah Lembar  *  Total Harga *');
gotoxy(12,12);write('+****************************************************+');
gotoxy(12,13);write('*   Rp. 150,-');
gotoxy(1,20);write('Masukkan banyaknya lembar yang telah di-fotokopi :');readln(x);
gotoxy(32,13);write('*       ',x);
m:
gotoxy(1,21);write('Bolak-balik atau tidak (1/2) ? ');clreol;readln(yt);
if (yt=1) then
begin
total:=150*2*x;
end
else
if (yt=2) then
begin
total:=150*x;
end
else
goto m;
gotoxy(50,13);write('*   Rp.',total:2:0,',-');
gotoxy(65,13);write('*');
gotoxy(12,14);write('+****************************************************+');
e:
gotoxy(12,15);write('* Uang Yang Anda Bayar                *              *');
gotoxy(12,16);write('+****************************************************+');
gotoxy(54,15);write('Rp.');readln(total1);
sisa:=total1-total;
if (sisa<0) then goto e else
begin
gotoxy(12,17);write('* Silakan Ambil Kembalian Sendiri     *              *');
gotoxy(54,17);write('Rp.',sisa:1:0,',-');
gotoxy(12,18);write('+****************************************************+');
end;
end;

procedure kertas_A5;
var total,total1,sisa:real;
    label z,d;
begin
clrscr;
header;
gotoxy(12,10);write('+****************************************************+');
gotoxy(12,11);write('*   Harga Per/Sisi  *  Jumlah Lembar  *  Total Harga *');
gotoxy(12,12);write('+****************************************************+');
gotoxy(12,13);write('*   Rp. 100,-');
gotoxy(1,20);write('Masukkan banyaknya lembar yang telah di-fotokopi :');readln(x);
gotoxy(32,13);write('*       ',x);
z:
gotoxy(1,21);write('Bolak-balik atau tidak (1/2) ? ');clreol;readln(yt);
if yt=1 then
begin
total:=100*2*x;
end
else
if (yt=2) then
begin
total:=x*100;
end
else
goto z;
gotoxy(50,13);write('*   Rp.',total:2:0,',-');
gotoxy(65,13);write('*');
gotoxy(12,14);write('+****************************************************+');
d:
gotoxy(12,15);write('* Uang Yang Anda Bayar                *              *');
gotoxy(12,16);write('+****************************************************+');
gotoxy(54,15);write('Rp.');readln(total1);
sisa:=total1-total;
if (sisa<0) then goto d else
begin
gotoxy(12,17);write('* Silakan Ambil Kembalian Sendiri     *              *');
gotoxy(54,17);write('Rp.',sisa:2:0,',-');
gotoxy(12,18);write('+****************************************************+');
end;
end;

procedure kertas_A4;
var total,total1,sisa:real;
    label o,c;
begin
clrscr;
header;
gotoxy(12,10);write('+****************************************************+');
gotoxy(12,11);write('*   Harga Per/Sisi  *  Jumlah Lembar  *  Total Harga *');
gotoxy(12,12);write('+****************************************************+');
gotoxy(12,13);write('*   Rp. 150,-');
gotoxy(1,20);write('Masukkan banyaknya lembar yang telah di-fotokopi :');readln(x);
gotoxy(32,13);write('*       ',x);
o:
gotoxy(1,21);write('Bolak-balik atau tidak (1/2) ? ');clreol;readln(yt);
if yt=1 then
begin
total:=150*2*x;
end
else
if (yt=2) then
begin
total:=150*x;
end
else
goto o;
gotoxy(50,13);write('*   Rp.',total:2:0,',-');
gotoxy(12,14);write('+****************************************************+');
gotoxy(65,13);write('*');
c:
gotoxy(12,15);write('* Uang Yang Anda Bayar                *              *');
gotoxy(12,16);write('+****************************************************+');
gotoxy(54,15);write('Rp.');readln(total1);
sisa:=total1-total;
if (sisa<0) then goto c else
begin
gotoxy(12,17);write('* Silakan Ambil Kembalian Sendiri     *              *');
gotoxy(54,17);write('Rp.',sisa:2:0,',-');
gotoxy(12,18);write('+****************************************************+');
end;
end;

procedure kertas_A3;
var total,total1,sisa:real;
    label p,b;
begin
clrscr;
header;
gotoxy(12,10);write('+****************************************************+');
gotoxy(12,11);write('*   Harga Per/Sisi  *  Jumlah Lembar  *  Total Harga *');
gotoxy(12,12);write('+****************************************************+');
gotoxy(12,13);write('*   Rp. 350,-');
gotoxy(1,20);write('Masukkan banyaknya lembar yang telah di-fotokopi :');readln(x);
gotoxy(32,13);write('*        ',x);
p:
gotoxy(1,21);write('Bolak-balik atau tidak (1/2) ? ');clreol;readln(yt);
if yt=1 then
begin
total:=350*2*x;
end
else
if (yt=2) then
begin
total:=x*350;
end
else
goto p;
gotoxy(50,13);write('*   Rp.',total:1:0);
gotoxy(12,14);write('+****************************************************+');
gotoxy(65,13);write('*');
b:
gotoxy(12,15);write('* Uang Yang Anda Bayar                *              *');
gotoxy(12,16);write('+****************************************************+');
gotoxy(54,15);write('Rp.');readln(total1);
sisa:=total1-total;
if (sisa<0) then goto b else
begin
gotoxy(12,17);write('* Silakan Ambil Kembalian Sendiri     *              *');
gotoxy(54,17);write('Rp.',sisa:2:0,',-');
gotoxy(12,18);write('+****************************************************+');
end;
end;


begin
a:
clrscr;
header;
gotoxy(30,9);write('1. Kertas F4');
gotoxy(30,10);write('2. Kertas A5');
gotoxy(30,11);write('3. Kertas A4');
gotoxy(30,12);write('4. Kertas A3');
gotoxy(30,13);write('5. Keluar');
gotoxy(20,16);write('Masukkan kertas pilihan anda : ');readln(pil);
case pil of
1: begin
   kertas_f4;
   readln;
   goto a;
   end;
2: begin
   kertas_A5;
   readln;
   goto a;
   end;
3: begin
   kertas_A4;
   readln;
   goto a;
   end;
4: begin
   kertas_A3;
   readln;
   goto a;
   end;
5: begin
   clrscr;
   textcolor(16);gotoxy(16,12);writeln('Created By Afrinaldi And Jefri Rajif PTI 2010');
   end;
6..100: begin
        write('Inputan salah, Menu hanya sampai 5');
        readln;
        goto a;
        end;
end;
readln;
end.



Source Code C:


#include <stdio.h>
#include <conio.h>


void header(), kertas_f4(), kertas_A5(),kertas_A4(), kertas_A3();


void header()
{
clrscr();
gotoxy(20,1);printf("+*************************************+");
gotoxy(20,2);printf("*-------------------------------------*");
gotoxy(20,3);printf("*  WELCOME TO RiJef Photocopy Centre  *");
gotoxy(20,4);printf("*-------------------------------------*");
gotoxy(20,5);printf("+*************************************+");
gotoxy(24,7);printf("Pembayaran Fotokopi Self-Service");
}

void kertas_f4()
{
char yt;
int x;
clrscr();
float total,total1,sisa;
header();
gotoxy(12,10); printf("+****************************************************+");
gotoxy(12,11);printf("*   Harga Per/Sisi  *  Jumlah Lembar  *  Total Harga *");
gotoxy(12,12); printf("+****************************************************+");
gotoxy(12,13);printf("*   Rp. 150,-");
gotoxy(1,20);printf("Masukkan banyaknya lembar yang telah di-fotokopi :");scanf("%d",&x);
gotoxy(32,13);printf("*       %d",x);
m:
gotoxy(1,21);printf("Bolak-balik atau tidak Y/N ? ");clreol();
scanf("%s",&yt);
if(yt=='y' || yt=='Y')
{
total=150*2*x;
}
else if(yt=='n' || yt=='N')
{
total=x*150;
}
else goto m;
gotoxy(50,13);printf("*   Rp.%2.f,-",total);
gotoxy(65,13);printf("*");
gotoxy(12,14);printf("+****************************************************+");
e:
gotoxy(12,15);printf("* Uang Yang Anda Bayar                *              *");
gotoxy(12,16);printf("+****************************************************+");
gotoxy(54,15);printf("Rp.");scanf("%f",&total1);gotoxy(54,15);
sisa=total1-total;
if (sisa<0) goto e; else
{
gotoxy(12,17);printf("* Silakan Ambil Kembalian Sendiri     *              *");
gotoxy(54,17);printf("Rp.%2.0f,-",sisa);
gotoxy(12,18);printf("+****************************************************+");
}
}

void kertas_A5()
{
char yt;
int x;
float total,total1,sisa;
clrscr();
header();
gotoxy(12,10); printf("+****************************************************+");
gotoxy(12,11);printf("*   Harga Per/Sisi  *  Jumlah Lembar  *  Total Harga *");
gotoxy(12,12); printf("+****************************************************+");
gotoxy(12,13);printf("*   Rp. 100,-");
gotoxy(1,20);printf("Masukkan banyaknya lembar yang telah di-fotokopi :");scanf("%d",&x);
gotoxy(32,13);printf("*       %d",x);
n:
gotoxy(1,21);printf("Bolak-balik atau tidak Y/N ? ");clreol();
scanf("%s",&yt);
if(yt=='y' || yt=='Y')
{
total=100*2*x;
}
else if(yt=='n' || yt=='N')
{
total=x*100;
}else goto n;
gotoxy(50,13);printf("*   Rp.%2.f,-",total);
gotoxy(65,13);printf("*");
gotoxy(12,14);printf("+****************************************************+");
d:
gotoxy(12,15);printf("* Uang Yang Anda Bayar                *              *");
gotoxy(12,16);printf("+****************************************************+");
gotoxy(54,15);printf("Rp.");scanf("%f",&total1);gotoxy(54,15);
sisa=total1-total;
if (sisa<0) goto d; else
{
gotoxy(12,17);printf("* Silakan Ambil Kembalian Sendiri     *              *");
gotoxy(54,17);printf("Rp.%2.0f,-",sisa);
gotoxy(12,18);printf("+****************************************************+");
}
}

void kertas_A4()
{
char yt;
int x;
float total,total1,sisa;
clrscr();
header();
gotoxy(12,10); printf("+****************************************************+");
gotoxy(12,11);printf("*   Harga Per/Sisi  *  Jumlah Lembar  *  Total Harga *");
gotoxy(12,12); printf("+****************************************************+");
gotoxy(12,13);printf("*   Rp. 150,-");
gotoxy(1,20);printf("Masukkan banyaknya lembar yang telah di-fotokopi :");scanf("%d",&x);
gotoxy(32,13);printf("*       %d",x);
o:
gotoxy(1,21);printf("Bolak-balik atau tidak Y/N ? ");clreol();
scanf("%s",&yt);
if(yt=='y' || yt=='Y')
{
total=150*2*x;
}
else if(yt=='n' || yt=='N')
{
total=x*150;
}
else goto o;
gotoxy(50,13);printf("*   Rp.%2.f,-",total);
gotoxy(65,13);printf("*");
gotoxy(12,14);printf("+****************************************************+");
c:
gotoxy(12,15);printf("* Uang Yang Anda Bayar                *              *");
gotoxy(12,16);printf("+****************************************************+");
gotoxy(54,15);printf("Rp.");scanf("%f",&total1);gotoxy(54,15);
sisa=total1-total;
if (sisa<0) goto c; else
{
gotoxy(12,17);printf("* Silakan Ambil Kembalian Sendiri     *              *");
gotoxy(54,17);printf("Rp.%2.0f,-",sisa);
gotoxy(12,18);printf("+****************************************************+");
}
}

void kertas_A3()
{
char yt;
int x;
float total,total1,sisa;
clrscr();
header();
gotoxy(12,10); printf("+****************************************************+");
gotoxy(12,11);printf("*   Harga Per/Sisi  *  Jumlah Lembar  *  Total Harga *");
gotoxy(12,12); printf("+****************************************************+");
gotoxy(12,13);printf("*   Rp. 350,-");
gotoxy(1,20);printf("Masukkan banyaknya lembar yang telah di-fotokopi :");scanf("%d",&x);
gotoxy(32,13);printf("*       %d",x);
p:
gotoxy(1,21);printf("Bolak-balik atau tidak Y/N ? ");clreol();
scanf("%s",&yt);
if(yt=='y' || yt=='Y')
{
total=350*2*x;
}
else if(yt=='n' || yt=='N')
{
total=x*350;
}
else goto p;
gotoxy(50,13);printf("*   Rp.%2.f,-",total);
gotoxy(65,13);printf("*");
gotoxy(12,14);printf("+****************************************************+");
b:
gotoxy(12,15);printf("* Uang Yang Anda Bayar                *              *");
gotoxy(12,16);printf("+****************************************************+");
gotoxy(54,15);printf("Rp.");scanf("%f",&total1);gotoxy(54,15);
sisa=total1-total;
if (sisa<0) goto b; else
{
gotoxy(12,17);printf("* Silakan Ambil Kembalian Sendiri     *              *");
gotoxy(54,17);printf("Rp.%2.0f,-",sisa);
gotoxy(12,18);printf("+****************************************************+");
}
}

int main()
{
int pil;
x:
clrscr();
header();
gotoxy(30,9);printf("1. Kertas F4");
gotoxy(30,10);printf("2. Kertas A5");
gotoxy(30,11);printf("3. Kertas A4");
gotoxy(30,12);printf("4. Kertas A3");
gotoxy(30,13);printf("5. Keluar");
gotoxy(30,16);printf("\nMasukkan kertas pilihan anda :");
scanf("%i",&pil);
switch(pil)
{
case 1: kertas_f4();
getch();
goto x;
break;
case 2: kertas_A5();
getch();
goto x;
break;
case 3: kertas_A4();
getch();
goto x;
break;
case 4: kertas_A3();
getch();
goto x;
break;
case 5:{
clrscr();gotoxy(16,12);printf("Created By Afrinaldi And Jefri Rajif PTI 2010");}
break;
default : printf("\ninputan salah");getch();
goto x;
}
getch();
}






Baca Selengkapnya

Rabu, 20 Juli 2011

Gameboy Advance

Gameboy Advance, Ada yang gak  tau??

Sedikit saya jelaskan. Gameboy Advance adalah konsol game handheld, yaitu konsol game portable keluaran Nintendo (2001)..

Ada 3 jenis gameboy advance, GBA (GameBoy Advance) Original GBA SP, dan GBA Micro...

Nih, penampakannya:


 Sumber: techforums.nintendo.com

 
Sumber: forums.macrumors.com

Sumber: ubergizmo.com

Kalau yang GBA original masih pakai baterai biasa (2 baterai AA), sedangkan GBA SP dan GBA Micro udah pakai baterai kaya' baterai Handphone (rechargeable).

GBA ini mainnya pakai cartridge, mirip kaya' nintendo (nes) dulu, tapi lebih kecil.


tapi, untuk GBA Micro, ukuran Cartridgenya agak berbeda dengan GBA Original dan SP.

Saya nggak punya Konsol GBA (Kalau ada yang mau kasih, bolehlah.. hhehehe). Sekarang saya lagi ngumpulin duit untuk beli itu (walaupun udah ketinggalan zaman sih). Tapi game-nya menarik. Saya sering mainin di Komputer dengan emulator Visual Boy Advance, kalau mau cari rom(game)-nya, silakan cari di coolrom..

Nih dia skrinsyut dari komputer saya:

Dragon Ball Z: Supersonic Warriors

Banyak lagi game2 yang lucu dan menarik di GBA ini,,  saya jadi pengen cepat2 beli. nyari info yang jual di kaskus dulu ah...


Baca Selengkapnya

Rabu, 06 Juli 2011

Bisnis Online Investasitop

Assalamualaikum wr wb..

di postingan kali ini, ini saya mau berbagi tentang bisnis online yang baru saya ikuti hari ini, dan dari teman2 facebook saya, saya mengetahui bahwa bisnis ini bukan bisnis online yang menipu,, dan ini real merupakan bisnis online yang menjanjikan..

Nih buktinya (Bukan punya saya, tapi punya temen fb saya):

  

Modal untuk ikutan cuma Rp.50.0**,- (yang ** bakalan dikasih tau nominalnya sewaktu kita daftar). Dan kita bakalan dapat limpahan komisi.. 

Setelah saya daftar tadi, dalam jangka waktu 1 jam saya udah dapat segini (belum bisa di withdraw tapi)..

Untuk info lebih lanjutnya, klik Disini

Saya mau coba-coba dulu. Kali aja berhasil.. 

Besok, kalau beneran berhasil, bakalan saya kasih tau di blog ini juga.. Ok??

Wassalam..
Baca Selengkapnya