Kamis, 30 Juni 2011

Komputerku Kenapa Begini??

Horeee... Udah sampai di Sungai Penuh dengan selamat dan tidak ada kejadian di jalan yang membuat saya bisa melihat setan (Astaghfirullah, jangan sampai terjadi)..

Kata-kata pertama saya ketika sampai di Sungai Penuh adalah .................................................. DINGIN .. Wajar sih, soalnya di Padang tempat saya kuliah tuh panasnya minta ampun (siapa yang minta ampun??).. Saking dinginnya di Sungai Penuh itu, saya jadi malas mandi (padahal biasanya juga).. tapi mau gimana lagi, sewaktu di perjalanan terlalu banyak ngemil bawang putih, jadi harus mandi.. (apa hubungannya??).. Pas mandi, airnya tuh 2 dinginnya dua kali dari air padang, misalnya air di padang tingkat dingin airnya itu a, berarti air di Sungai Penuh itu tingkat dingin airnya 2a..


Back to topic, keesokan harinya (tepatnya hari dimana postingan ini dikirim), saya udah kangen dengan komputer saya, jadi saya hidupin deh,, dan komputer saya hidup dengan terjadi sedikit error (gambarnya ngedip-ngedip) serta bunyi mesin komputer saya luar biasa kencangnya. Kenceng banget dalam tingkatan komputer. Selain itu, kayaknya ada yang salah juga dengan OS-nya, udah banyak errornya, buka task manager nggak bisa, liat properties dari my computer nggak bisa juga, buka control panel juga.. :(

Akhirnya saya putuskan untuk membuka casing CPU untuk mengecek apa yang salah,, ternyata oh ternyata kabel untuk kipas nggak kepasang,, sial.. Pantas saja bunyinya kencang.. jadi saya pasang kabelnya, trus saya rapihin lagi komputer itu, dan Alhamdulillah bunyinya udah normal... dan sekarang tinggal urusan sistem operasi,, itu belum saya beresin,, jadi saya akan melakukan itu sehabis menulis postingan ini (saya nulis di laptop)..

Saya jadi terpikir, siapa sih yang ngelepas kabel kipasnya, masa lepas sendiri??? Nanti saya tanya dengan papa saya.. 

Well,, semoga ngurusin komputer selesai malam ini.. dan komputer saya bisa sehat seperti muda lagi.. Amin..



Baca Selengkapnya

Senin, 27 Juni 2011

Libur Telah Tiba... Hurray

Sumber gambar: http://www.ocg.cat/foto-lucu&page=5


Mama.... anakmu pulang mama.... Pulang bawa anak dan istri mama.. Hhehehehe

Akhirnya, setelah 3 kali puasa 3 kali lebaran nggak pulang2 karena menuntut ilmu di Kota Padang yang sejuk ini. (Ehm,, sebenarnya cuma 5 Bulan sih, dan juga KOTA PADANG SANGAT TIDAK SEJUK), akhirnya saya bisa juga mendapatkan hak saya, yaitu "LIBURAN".. 

Sejak Awal Februari 2011, saya memulai perkuliahan semester 2 saya, dan saya belum pernah pulang ke kota halaman saya (Sungai Penuh).. Walaupun waktu test SNMPTN udah dapat jatah libur seminggu, tapi tidak saya pergunakan untuk pulang ke Riverfull (Baca: Sungai Penuh), karena: Alasan pertama: DOSEN NGASIH TUGAS YANG ASTAGANAGA BANYAKNYA... #gigimelotot.
Alasan kedua: karena perjalanan dari Padang ke Sungai Penuh itu membutuhkan waktu 3 hari kalau kita naik sepeda. Kan tinggal tersisa 1 hari lagi buat di Sungai Penuh, terus 3 hari lagi pulang ke Padang.. Percuma kan??? liburan kan cuma 1 minggu. Hehehe..

Akhirnya dari tanggal 13 Juni-27 Juni saya melaksanakan UAS (Ujian Akhir Sekolah #???). Bukan, maksudnya Ujian Akhir  Semester. Dan saya telah berada pada tanggal 27 Juni itu.. Berarti sekarang  hari terakhir ujian, kemudian saatnya untuk .................. PULANG. (sambil muterin lagu rhoma irama: begadang... Loh?) Akhirnya, besok atau lusa saya bisa pulang ke Sungai Penuh, tapi rencananya, saya mau ke Batusangkar terlebih dahulu, karena ortu lagi disana, jadi sekalian aja pulang bareng mereka, sekalian hemat duit.. 

Saya lebih menyambut liburan ini dengan sukacita, karena 2 dari 10 mata kuliah saya udah keluar nilainya. Dan Alhamdulillah Lulus.. Semoga mata kuliah yang lain nilainya juga sama, supaya dapat IP 4,01..  

Saya berharap orang-orang Sungai Penuh sudah dengan saya, karena sudah ditinggalkan salah satu putra kebanggaan mereka yang memiliki badan berotot gendut dan berprestasi (#hhahaha).. Dan semoga  sesampainya saya di Sungai Penuh, saya bakalan disambut dengan Tari Persembahan, trus disuguhkan cewek-cewek cantik untuk dijadikan sebagai majikan saya.. yang terakhir nggak. Huhuhu..

Well, Saya berharap selama liburan besok saya dapat memperdalam ilmu saya mengenai pemrograman. Supaya bisa bikin Software untuk mengurangi berat badan.. Hhehe.. Semoga saya tidak bertambah gemuk selama liburan, dan semoga saya semakin rajin dalam beribadah.. Amin..
Baca Selengkapnya

Rabu, 15 Juni 2011

UAS Struktur Data

Sumber gambar: http://agungcliquers.student.umm.ac.id/2010/07/28/tentang-c/

Rabu, 15 Juni 2011. Saya menjalani Ujian Akhir Semester hari kedua. Mata kuliahnya Struktur Data. dengan persiapan yang kurang, saya berangkat ke kampus pada pukul 07.30 WIB. Deg-degan, soalnya dosen yang bersangkutan biasa ngasih soal yang cukup sulit bagi saya (maklum masih pemula). Puku 07.50 WIB, saya berharap yang ngawas adalah dosen yang bersangkutan, namun nasib yang belum beruntung, badan yang tak kunjung kurus, ternyata dosen yang bersangkutan mengawas kelas sebelah. Well, nggak apa-apa deh. Pas dosen yang ngawas kami ngasih lembar soal ke kami, dan saya lihat lembar soalnya, pikiran pertama saya yaitu "Buset, susah amat". HHuahahaha. Di soalnya tuh, kita disuruh bikin program dengan Basaha Pemrograman C ,dengan keluaran yang sesuai dengan yang dosen tampilkan di kertas soal. Akhirnya saya bengong selama lebih kurang 5 menit lebih.. Setelah terpikir apa yang mau dikerjain, baru deh mulai menulis di kertas lembar jawaban itu. Pusing,... Tapi akhirnya, di akhir waktu, saya bisa juga menyelesaikan soal itu.. :O. Walaupun masih ragu, betul apa tidak script yang saya coretkan di lembar jawaban itu.

Sepulang dari kampus, karena penasaran, akhirnya saya cobain deh script program yang saya buat sewaktu di kampus tadi.. Ternyata ada kesalahannya.. Ya udah deh, saya perbaiki.

Begini nih kira-kira isi dari soalnya:

kita disuruh matriks 5x5 yang isinya berupa bilangan 1 sampai 25. Lalu tampilkan bilangan yang ada pada kolom ketiga. Lalu kemudian kita disuruh membuat script untuk mencari anggota bilangan yang ada dalam matriks tersebut, lalu tentukan apakah bilangan itu ganjil atau genap, kelipatan 4 atau tidak..

Nih script yang saya bikin:

#include<stdio.h>
#include<conio.h>
main()
{
int matriks[5][5]={{1,2,3,4,5},{6,7,8,9,10},{11,12,13,14,15},{16,17,18,19,20},{21,22,23,24,25}};
int i,j,cari,tanda;
gotoxy(8,1);printf("Program UAS, mengenai Array serta penerapannya dalam searching\n\n\n");
printf("Tampilan matriks 5x5: \n\n");
for (i=0;i<=4;i++)
{
for (j=0;j<=4;j++)
printf("| %2d ",matriks[i][j]);printf("|");printf("\n");
} printf("\n\n");
printf("Anggota kolom ketiga dari matriks diatas: \n\n");
for (i=0;i<=4;i++)
printf("| %2d ",matriks[i][2]);printf("|");
printf("\n\n\nData yang ingin dicari: ");scanf("%d",&cari);
tanda=0;
for (i=0;i<=4;i++)
{
for (j=0;j<=4;j++)
{
if (cari==matriks[i][j])
tanda=1;}}
if (tanda==1)
{
if (cari%2==0)
printf("\nMerupakan bilangan genap, ");else
printf("\nMerupakan bilangan ganjil, ");
if (cari%4==0)
printf("dan merupakan kelipatan 4");else
printf("dan bukan kelipatan 4");
}
if (tanda==1)
printf("\n\nData ditemukan..!!");else
printf("\nData tidak ditemukan..!!");
getch();
}

Skrinsyut-nya kaya' gini:
Begitulah kira-kira, bagi para programmer handal, mungkin program itu cukup mudah, bagi saya itu cukup sulit.

Baca Selengkapnya

Sabtu, 11 Juni 2011

Keyboard dan Logo Windows

Windows,, siapa sih yang gak kenal sama sistem operasi yang telah menghabiskan cukup banyak uang para penggunanya ini.?? Kenapa saya bilang ‘menghabiskan cukup banyak uang penggunannya’? Jawabannya karena: untuk menggunakan windows yang asli dan tidak bajakan kita harus mengeluarkan uang dalam jumlah yang besar. Sangat besar bagi saya yang hanya seorang mahasiswa universitas negeri tingkat pertama ini. Itu karena windows bukanlah suatu sistem operasi yang bersifat open-source kayak linux.. Nggak tau open source?? Open Source itu adalah suatu jenis software yang source code (kode sumber)-nya bisa dibuka oleh orang banyak. Misalnya kita punya suatu software yang bersifat open source, berarti kita bisa melihat source code dari software tersebut. Jadi kita bisa mengotak-atik kode dari software tersebut sehingga mendapatkan software baru editan kita sendiri yang lebih baik ataupun lebih jelek dari software aslinya. Nah, windows tidak berbasis open source, karena source code-nya hanya bisa diketahui oleh pihak windows sendiri. Pelit ya?? Hhehe.. Karena saya adalah salah satu pendukung pergerakan software open source di Indonesia, jadi saya akan sekalian orasi.. Ehm..
 

“Wahai para generasi muda, penerus bangsa, marilah kita bersama-sama mengembangkan kreativitas kita dengan menggunakan software open-source. Selain kita dapat mengembangkan ilmu kita, kita juga akan terhindar dari dosa. Karena, kalau kita tidak menggunakan software open-source seperti windows, kita harus membeli lisensi dari pihak windows tersebut. Okelah kalau kita mampu, kalau nggak, berarti kita harus menggunakan software bajakan, menggunakan software bajakan itu dosa loh. Dan juga bisa terjerat hukum.”

Sebenarnya, postingan kali ini sih bukan menjelaskan perbedaan windows dengan software open source, tapi ingin memperlihatkan keanehan yang terjadi pada keyboard di komputer masa kini. Kenapa sih harus ada logo windows di hampir setiap keyboard tersebut. Apa karena disogok oleh pihak windows (kok disogok sih?? Gak keren banget kedengarannya). Atau karena memang logo-nya bagus. Atau karena namanya windows, bukan kompows. Atau karena windows itu memang sedang dalam masa paling gemilang-nya sekarang. Atau apalah pokoknya. Ni contoh gambar yang saya ambil dari gugel…




Bener kan??


Tapi, kalau dipikir-pikir (sambil makan kayu), mungkin alasannya karena windows adalah suatu perusahaan yang sedang popular saat ini, sehingga para vendor keyboard/komputer menggunakan logo windows di setiap produksi mereka. Mungkin kalau saya punya perusahaan sendiri yang lebih hebat dari windows, komputer-komputer di seluruh dunia bakalan menggunakan lambang ini..




HHehehe..
Sekian dari saya, kalau ada reader yang mau ngasih tanggapan, silahkan di-komen.
Baca Selengkapnya

Selasa, 07 Juni 2011

Tips Mengurangi Bau Badan

Ehmm.. Omong-omong bau badan.. Hampir semua orang memiliki kasus bau badan berlebihan,, yang kadang kala bisa merusak struktur kimia dari otak orang yang menghirup baunya.. Untuk antisipasi agar kita (korban) tidak mengalami gangguan mental karena menghirup udara beracun tersebut, sebaiknya saat lewat di dekat penderita bau badan berlebihan tersebut, kita semua menutup mata kita.. eh salah, hidung maksudnya...

Hari Rabu (08-06-2011), dosen IAD (Ilmu Alam Dasar) saya memberikan beberapa tips untuk mengurangi bau badan yang berlebihan tersebut... Pas kita membahas mengenai Global Warming, entah kenapa tu dosen langsung ngebahas tentang bau badan..

nih dia cara-caranya:

1. Perbanyak minum air putih.. Kata dosen saya, biasakan minum air putih, minimal 2,5 ember dipagi hari... Eh,, tunggu, kok kayaknya kebanyakan ya... Oh ya, 2,5 liter maksudnya.. Maaf pelupa, itu juga akibat keseringan nyium bau badan sendiri. 
Yang ini, udah saya praktek-in.. Saya minum 2,5 liter air laut (kan warna-nya sama tu dengan air minum kita sehari-hari) di pagi hari.. Bukannya bau badan berkurang, saya malah hampir di-opname,,.. :O Canda doang..

2. Kurangi makan kol, bahasa Indonesianya apa sih?? Lobak ya?? terserah deh,, yang penting kurangi makan kol, perbanyak makan kertas... HHehehe.

3. Kurangi makan bawang.. Jadi, kalau mau bikin sambal, kurangi kapasitas bawangnya, pas mau bikin jus buah, kalau bisa jangan pakai bawang.

4. Jangan makan kotoran ayam, karena selain bisa menyebabkan kita menderita bau badan berlebihan, kita juga bakal diketawain ayam karena mau aja makan kotorannya.

5. Jangan minum air comberan. coba pikir, di air comberan itu ada berbagai macam kotoran hewan, bahkan kotoran manusia. bayangin aja, makan 1 jenis kotoran ayam bisa menyebabkan bau badan, apalagi minum sari dari berbagai macam kotoran.

6. Rajin ibadah. Bagi yang Islam, Shalat 5 waktu harus ditegakkan, perbanyak sedekah, dll. Bagi Agama lain, lakukan sesuai perintah Agama masing-masing..

Well,, itu semua cara untuk mengurangi bau badan. sebenarnya yang dibilangin dosen saya itu cuma dari nomor 1 sampai 3. Yang 4 dan 5 itu sebenarnya benar juga, tapi emang ada yang makan kotoran ayam sama minum air comberan?? yang ke-6, mungkin nggak bisa mengurangi bau badan. Tapi bisa mendekatkan kita kepada sang pencipta.
Baca Selengkapnya