Rabu, 15 Juni 2011

UAS Struktur Data

Sumber gambar: http://agungcliquers.student.umm.ac.id/2010/07/28/tentang-c/

Rabu, 15 Juni 2011. Saya menjalani Ujian Akhir Semester hari kedua. Mata kuliahnya Struktur Data. dengan persiapan yang kurang, saya berangkat ke kampus pada pukul 07.30 WIB. Deg-degan, soalnya dosen yang bersangkutan biasa ngasih soal yang cukup sulit bagi saya (maklum masih pemula). Puku 07.50 WIB, saya berharap yang ngawas adalah dosen yang bersangkutan, namun nasib yang belum beruntung, badan yang tak kunjung kurus, ternyata dosen yang bersangkutan mengawas kelas sebelah. Well, nggak apa-apa deh. Pas dosen yang ngawas kami ngasih lembar soal ke kami, dan saya lihat lembar soalnya, pikiran pertama saya yaitu "Buset, susah amat". HHuahahaha. Di soalnya tuh, kita disuruh bikin program dengan Basaha Pemrograman C ,dengan keluaran yang sesuai dengan yang dosen tampilkan di kertas soal. Akhirnya saya bengong selama lebih kurang 5 menit lebih.. Setelah terpikir apa yang mau dikerjain, baru deh mulai menulis di kertas lembar jawaban itu. Pusing,... Tapi akhirnya, di akhir waktu, saya bisa juga menyelesaikan soal itu.. :O. Walaupun masih ragu, betul apa tidak script yang saya coretkan di lembar jawaban itu.

Sepulang dari kampus, karena penasaran, akhirnya saya cobain deh script program yang saya buat sewaktu di kampus tadi.. Ternyata ada kesalahannya.. Ya udah deh, saya perbaiki.

Begini nih kira-kira isi dari soalnya:

kita disuruh matriks 5x5 yang isinya berupa bilangan 1 sampai 25. Lalu tampilkan bilangan yang ada pada kolom ketiga. Lalu kemudian kita disuruh membuat script untuk mencari anggota bilangan yang ada dalam matriks tersebut, lalu tentukan apakah bilangan itu ganjil atau genap, kelipatan 4 atau tidak..

Nih script yang saya bikin:

#include<stdio.h>
#include<conio.h>
main()
{
int matriks[5][5]={{1,2,3,4,5},{6,7,8,9,10},{11,12,13,14,15},{16,17,18,19,20},{21,22,23,24,25}};
int i,j,cari,tanda;
gotoxy(8,1);printf("Program UAS, mengenai Array serta penerapannya dalam searching\n\n\n");
printf("Tampilan matriks 5x5: \n\n");
for (i=0;i<=4;i++)
{
for (j=0;j<=4;j++)
printf("| %2d ",matriks[i][j]);printf("|");printf("\n");
} printf("\n\n");
printf("Anggota kolom ketiga dari matriks diatas: \n\n");
for (i=0;i<=4;i++)
printf("| %2d ",matriks[i][2]);printf("|");
printf("\n\n\nData yang ingin dicari: ");scanf("%d",&cari);
tanda=0;
for (i=0;i<=4;i++)
{
for (j=0;j<=4;j++)
{
if (cari==matriks[i][j])
tanda=1;}}
if (tanda==1)
{
if (cari%2==0)
printf("\nMerupakan bilangan genap, ");else
printf("\nMerupakan bilangan ganjil, ");
if (cari%4==0)
printf("dan merupakan kelipatan 4");else
printf("dan bukan kelipatan 4");
}
if (tanda==1)
printf("\n\nData ditemukan..!!");else
printf("\nData tidak ditemukan..!!");
getch();
}

Skrinsyut-nya kaya' gini:
Begitulah kira-kira, bagi para programmer handal, mungkin program itu cukup mudah, bagi saya itu cukup sulit.

10 komentar:

  1. Keren nal, kamu hebat amat ya... ajarin dong... Kok struktur data saya belajar list berkait ya...
    Sial...

    BalasHapus
  2. makasih banget postingannya, mudah-mudahan terulang pada remedial :((

    BalasHapus
  3. @Just_Nanda: ha?? list berkait?? nggak tau tentang apa tuh.. termasuk sorting juga ya??

    @Rifki: Mudah2an kita semua nggak perlu remedial.. Kalaupun remedial, mudah2an soalnya sama.. Amin

    BalasHapus
  4. hadoooh...saya bikin programnya satu-satu...:(

    BalasHapus
  5. Wow... Keren... Aku udah semester empat, tapi masih belum bisa buat program gituan. Parah. :(

    BalasHapus
  6. @Alvi: Thanks kak.. Btw,, kuliah jurusan apa kak? dimana?

    BalasHapus
  7. @Yane: Kok dibikin satu2??

    BalasHapus
  8. gak teliti soalnya! :D hehehehe...

    BalasHapus
  9. Jangan panggil Kak. Aku seumuran sama kamu, hahaha. Kelahiran 92.. Aku informatika...

    BalasHapus
  10. ho.. seumuran toh,, salam kenal :D

    BalasHapus