Kamis, 19 September 2013

Mencicipi Profesi Guru


Sudah 3 minggu Saya kembali menjalani rutinitas di sekolah setelah terakhir kali pada tahun 2010. Yaitu saat Saya menamatkan pendidikan di Sekolah Menengah Atas. Namun kali ini posisi Saya berbeda, dulu menjadi yang dididik, sekarang menjadi yang mendidik. Yap, jadi guru. Guru PLK tepatnya. Hal yang baru bagi saya. 

Grogi? Iya. Tapi itu hanya diawal saja. Setelah beberapa waktu, rasa grogi perlahan-lahan mulai hilang. Ya wajar saja sih grogi, namanya juga orang yang memasuki lingkungan baru. Masih belum beradaptasi. Tapi sekarang sudah mulai merasa nyaman dengan lingkungan sekolah.

Takut? Tentu. Karena sekolah tempat saya mengajar selama beberapa waktu ini adalah sekolah yang melekat sebuah imej bahwa siswa-siswanya sangat nakal, maka rasa takut pun mulai datang bahkan dari saat belum memasuki lingkungan sekolah. Tapi apa? Setelah Saya berada di lingkungan mereka, rasa takut sirna. Kenapa? Karena mereka tidak seperti yang diceritakan, mereka tidak nakal. Ya, kalau nakal selayaknya anak sekolah sih, pasti. Wajar. Namanya juga remaja. (Sok udah dewasa ente).

Tapi sekarang ada lagi ketakutan yang menyerang Saya. Yaitu ketakutan jika Saya tidak cukup mampu untuk mengajar siswa-siswi dengan baik. Mungkin ketakutan disini bukan hanya karena tidak terlalu menguasai materi dengan begitu baik nantinya, tapi juga karena pengalaman lapangan yang belum cukup, sehingga metode mengajar yang saya gunakan untuk mengajar tidak cukup baik. 

Yah, tapi kan ini baru berjalan 3 minggu. Mudah-mudahan semua akan berjalan lancar sampai di akhir nanti.

Omong-omong, saya sepertinya mulai menyukai profesi sebagai guru. :D


3 komentar:

  1. Mantap bang...
    Guru Terbaik... :D

    BalasHapus
  2. dosen saya dulu selalu bilang.. saya guru karena saya duluan belajar dari kalian.. tapi pada dasarnya kita sama-sama belajar disini...

    itu dosen yang paling enak ngajarnya... orang yang suka nulis biasanya sih suka baca.. orang yang suka baca gak bosenin karena punya banyak cerita... kayaknya kamu guru yang gak bosenin deh...


    Pecinta Bola Gabung di Sini

    BalasHapus